Selasa, 09 Mei 2017

6 Peluang Karir Digital Marketing

Sintyajess - Seandainya ini terjadi 2010, Anda pasti menertawakan saya karena telah menulis blog tentang Peluang Karir Digital Marketing. 5 tahun yang lalu pekerjaan marketing digital di India jauh dari mainstream. Perusahaan-perusahaan India terjebak dengan praktik pemasaran tradisional dan tidak siap untuk berubah.

peluang karir
6 Peluang Karir di Digital Marketing Jakarta


Namun, teknologi yang berkembang bersamaan dengan kekuatan pasar telah membuatnya wajib untuk mulai melakukan marketing digital atau tenggelam. Ini terbukti dari kenyataan bahwa industri Digital Marketing bernilai $ 68 miliar. Ketika semua industri lainnya terjebak dengan pertumbuhan hanya 5 sampai 10 persen, industri marketing digital berkembang pesat dengan tingkat pertumbuhan 40%. Marketing digital telah berhasil membangun benteng di pasar. Dengan adanya pergeseran dalam praktik pemasaran ini, seluruh peluang kerja marketing digital baru telah diciptakan yang membuat karir di industri pemasaran digital menjadi salah satu pilihan terbaik bagi siswa dan profesional.

Anda dapat dengan mudah mengeksplorasi peluang pemasaran digital yang menguntungkan di bidang berikut:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Social Media Marketing (SMM)
  • Email Pemasaran
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Pemasaran Konten
  • Web Analytics

Atas dasar kategori ini, kami akan menjelaskan Peluang Karir Digital Marketing yang ada di Indonesia. Mari kita mulai!

Digital Marketing

Salah satu yang paling bagus setelah peluang kerja marketing digital adalah untuk profil manajer digital marketing


  1. Manajer Digital Marketing

    Manajer Marketing Digital harus memiliki pengalaman 5+ tahun, dan jika Anda memiliki sertifikasi yang membuktikan keahlian Anda, maka Anda akan dipekerjakan dengan mudah. Pakar pemasaran digital memiliki peluang kerja yang besar dan perusahaan berburu untuk hal yang sama. Tanggung Jawab Manajer Pemasaran Digital termasuk memimpin tim pemasaran digital dan melapor kepada Wakil Presiden Pemasaran perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab untuk menggabungkan berbagai komponen pemasaran digital dan membuatnya efisien.
  2. Search Engine Optimization (SEO)

    Peluang karir untuk SEO sangat besar. Ketenaran atas Search Engine Optimization (SEO) telah membuat banyak dari kita berpengalaman dengan apa itu SEO. Mereka yang berurusan dengan SEO perlu berurusan dengan proses yang mempengaruhi visibilitas situs web atau halaman web dalam hasil mesin pencari yang belum dibayar. Menurut tren terkini, dengan menggunakan teknik SEO organik bersamaan dengan kampanye PPC, tingkat klik yang diharapkan adalah 25% kali lipat sedangkan tingkat keuntungan yang diharapkan meningkat menjadi 27%. Sesuai tren ini, peluang kerja sehubungan dengan bidang SEO sangat besar.

    Alih-alih menghabiskan uang di kampanye Google AdWords, dengan pengoptimalan mesin telusur yang bagus, Anda bisa mendapatkan lalu lintas gratis dari Google. Inilah alasan mengapa ada banyak peluang yang berkaitan dengan eksekutif SEO. Tanggung jawab seorang eksekutif SEO atau pakar SEO melibatkan penelitian kata kunci, mendapatkan halaman yang terindeks, pengoptimalan pengalaman pengguna, menggunakan alat webmaster, mengelola konten duplikat, dan lebih banyak area lainnya.

    Keterampilan yang dibutuhkan: Seorang ahli SEO harus ahli dengan penggunaan berbagai jenis alat SEO yang ada di pasaran. Misalnya, salah satu alat SEO yang paling terkenal untuk pemasar digital adalah Moz.com. Ada ratusan alat yang ahli SEO harus memiliki pegangan yang kuat untuk meningkatkan kinerja perusahaan di mesin telusur. Pakar SEO melapor kepada manajer pemasaran digital. Namun, kebanyakan ahli SEO tidak mengelola tim dan merupakan kontributor individual.
  3. Social Media Marketing

    Pekerjaan yang berkaitan dengan Social Media Marketing mendapatkan lalu lintas situs atau perhatian melalui situs media sosial. Tujuannya adalah untuk memusatkan pada upaya menciptakan konten yang menarik perhatian dan membujuk pembaca untuk membagikannya di jejaring sosial mereka.

    Menurut Oktane Research 2016, pembaruan media sosial adalah pilihan paling terpelihara untuk mencapai keterlibatan pelanggan maksimal (46%). Selain itu, media sosial menduduki puncak daftar kegiatan pemasaran yang direncanakan pada 2016 dengan 66 persen.

    Social Media marketing terbagi menjadi dua area. Salah satu bidangnya berkaitan dengan penyebaran konten melalui platform media sosial. Menjalankan iklan berbayar di media sosial adalah sesuatu yang membutuhkan keahlian dan pengalaman. Misalnya, iklan Facebook adalah salah satu tugas yang sulit saat ini. Dengan penambahan opsi dan fitur penargetan baru yang ditambahkan hampir setiap hari, persyaratan bagi pemasar media sosial meningkat dari hari ke hari.
  4. Content Marketing

    Pendekatan pemasaran strategis ini berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas sehingga dapat mendorong keuntungan. Menurut DemandMetric, biaya pemasaran konten 62% lebih rendah dari pemasaran tradisional dan menghasilkan lead 3 kali lebih banyak. Hal ini membuat jelas bahwa pemasaran konten tumbuh besar dan diatur untuk berkembang lebih jauh
  5. Copywriter

    Tanggung jawab pekerjaan seorang copywriter sangat luas. Jika Anda harus menjadi copywriter, Anda harus siap bekerja dengan banyak orang di tim pemasaran digital. Copywriter dapat membantu tim konten menyempurnakan konten mereka untuk penerimaan yang lebih baik, membantu manajer media sosial dengan memposting kata-kata yang lebih baik di media sosial, dan membantu pemasar mesin pencari menulis salinan iklan yang lebih baik.

    Keterampilan yang dibutuhkan: Seorang copywriter harus mahir dalam bahasa Inggris. Dia harus tahu bagaimana menulis artikel persuasif untuk memberi bahan bakar pada corong penjualan.
  6. Search Engine Marketing

    Search Engine Marketing atau SEM adalah bentuk pemasaran internet yang berhubungan dengan promosi website dengan meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil search engine (SERPs) dengan bantuan iklan berbayar.

    Pemasaran mesin pencari adalah salah satu aspek penting dari pemasaran digital. Ini adalah istilah pemasaran yang luas yang mendefinisikan pemasaran melalui mesin pencari. Nah, mengingat master search engine, Google, pemasaran mesin pencari sebagian besar waktu mengacu pada pemasaran dengan bantuan Google AdWords.

    Tugas pemasar mesin pencari dilakukan oleh manajer pemasaran digital sendiri jika ukuran perusahaannya kecil. Terkadang, ini diserahkan ke agen pemasaran digital yang akan mengenakan biaya untuk pekerjaan yang dilakukan. Namun, ketika datang ke perusahaan besar, mereka memiliki spesialis Search Engine Marketing yang berdedikasi (spesialis SEM) bersama dengan tim pemasar mesin pencari.

    Manajer pelaporan untuk pemasar mesin pencari akan menjadi manajer pemasaran digital. Tanggung jawab pemasar mesin pencari mencakup penargetan jumlah prospek dan klik dari anggaran pemasaran, analisis, riset kata kunci, manajemen tawaran, pengujian iklan kampanye, dan copywriting iklan yang ada.

    Pengalaman yang dibutuhkan: Tidak ada batasan khusus dalam hal pengalaman untuk pakar pemasaran pencarian. Ini berkisar dari perusahaan ke perusahaan. Di perusahaan kecil, perusahaan bisa menyewa penyegar tapi beberapa perusahaan mapan akan membutuhkan ahli dengan pengalaman beberapa tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar